Haisa, Haisa (2025) Pengaruh Lokasi Usaha dan Modal Usaha terhadap Tingkat Pendapatan Pedagang Pakaian di Pasar Bungi Kab Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203861211064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Faktor yang sering dianggap bisa mempengaruhi pendapatan pedagang pasar yaitu lokasi usaha dimana lokasi sangat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha. Faktor yang kedua yaitu modal usaha. Modal usaha adalah uang yang dipakai sebagai pokok (induk) untuk berdagang, (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh lokasi usaha dan modal usaha terhadap tingkat pendapatan pedagang, baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kausal. Jumlah sampel sebanyak 55 dengan teknik pengambilan sampel mengguakan sampel jenuh, pengumpulan data terdiri dari, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil pengolahan data kuesioner dengan analisis statistik deskriptif. Hasil uji parsial (uji t) pada variabel X1 menunjukkan nilai signifikansi sebesar 001 < 0,05 dan t-hitung sebesar 3,696 > 2,006 (t table) maka H1 diterima. Hasil pengujian uji parsial (uji t) pada variabel X2 sebesar 0.931>0,05 dan t-hitung sebesar 0.086< 2,006 (t-tabel), maka H2 ditolak. Hasil pengujian Uji F (simultan) menunjukkan nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,002 < 0,05 dan nilai F hitung 6,963> nilai F tabel 3,17 sehingga H3 diterima. Kofisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa variabel lokasi usaha dan modal usaha secara bersama-sama mampu menjelaskan 61,2% variasi tingkat pendapatan pedagang, sedanga sisanya sebesar 38,8% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lokasi Usaha, Modal Usaha, Tingkat Pendapatan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 16 Dec 2025 00:52
Last Modified: 16 Dec 2025 00:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11685

Actions (login required)

View Item View Item