Firnanda, Andi Amelia (2025) Analisis Strategi Pemasaran dan Manajemen Resiko Kredit Cepat Aman di PT. Pegadaian Cabang Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2120203861211035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran Kredit Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian Cabang Parepare. 2) Untuk menganilisis penerapan manajemen resiko Kredit Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian Cabang Parepare Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan prosedur analisis: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan strategi pemasaran Kredit Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian Cabang Parepare, yakni dengan menerapkan unsur bauran pemasaran jasa, yang merupakan alat bagi pemasar yang terdiri atas berbagai unsur suatu program pemasaran yang perlu dipertimbangkan agar implementasi strategi pemasaran dapat berjalan sukses. Dimana unsur bauran pemasaran yang diterapkan adalah: Product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (orang), process (proses), dan customer services (pelayanan konsumen/nasabah). 2) Penerapan manajemen resiko Kredit Cepat Aman (KCA) di PT Pegadaian Cabang Parepare, yakni dengan cara memperhatikan aspek resiko yang mungkin timbul, seperti: resiko pendanaan, resiko pinjaman yang diberikan, resiko barang jaminan, resiko persaingan, resiko operasional, resiko teknologi, resiko keamanan, resiko hukum, dan resiko pasar. Resiko-resiko tersebut dihindari dengan melakukan identifikasi, pengukuran, pemantauan/pengawasan, dan pengendalian terhadap nasabah ataupun terhadap proses pelaksanaannya. Melalui manajemen resiko, pegadaian dapat mengantisipasi potensi kerugian, merancang strategi pengurangan resiko, serta membuat keputusan yang lebih tepat dalam menghadapi resiko.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Manajemen Risiko, Kredit Cepat Aman |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:09 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:09 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
