Luthfi, Muhammad (2025) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Profitabilitas UMKM Haeju Cabang Perumnas Kota Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203861211013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas strategi pemasaran dalam meningkatkan Profitabilitas UMKM. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : bagaimana impelementasi strategi pemasaran yang dilakukan UMKM Haeju kota parepare? apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan strategi pemasaran? dan bagaimana tingkat Profitabilitas UMKM Haeju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian strategi pemasaran yang dilakukan UMKM Haeju Kota Parepare serta faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan strategi pemasaran, adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu penelitian lapangan (field research) seperti, wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan (verifikasi). Keabsahan data di uji dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Strategi pemasaran pada UMKM Haeju sudah sesuai dengan tahapan-tahapannya akan tetapi masih kurangnya peminat karena faktor prilaku konsumen sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian faktor pendukung dan penghambatnya berdasarkan analisis SWOT, faktor kekuatan dan peluangnya masih kurang dibandingkan kelemahan dan ancaman yang ada, dikarenakan masih tertinggalnya persoalan pengembangan inovasi produk, sering terjadinya fluktuasi harga bahan baku yang dipengaruhi oleh musim dan tingginya persaingan. Selanjutnya terkait tingkat profitabilitas yang dihasilkan lima tahun terakhir yaitu pada tahun 2019-2023 mengalami penurunan profit yang signifikan disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu masih minimnya pengetahuan mengembangkan produk inovatif setelah pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Profitabilitas.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 10 Dec 2025 06:44
Last Modified: 10 Dec 2025 06:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11589

Actions (login required)

View Item View Item