Hasmita, Hasmita (2025) Faktor-Faktor Penghambat Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM di Kabupaten Pinrang (Perspektif Manajemen Keuangan Syariah). Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
19.2900.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pembangunan ekonomi Negara. Sama halnya seperti UMKM di Kabupaten Pinrang yang merupakan sumber mata pencaharian sebagian masyarakat sekitarnya. Pengembangan UMKM perlu ditingkatkan dan hambatan-hambatan dalam pengembangannya perlu diatasi agar UMKM bisa terus berkontribusi dalam perekonomian masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja permasalahan atau hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di Kabupaten Pinrang dan untuk mengetahui secara perspektif manajemen keuangan syariah hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian fenomonologi. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 5 responden. Hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa faktor-faktor penghambat pengembangan UMKM di Kabupaten Pinrang yaitu kemampuan sumber daya manusia yang rendah, modal yang terbatas, permasalahan pemasaran dan manajemen usaha yang rendah dan tidak didukung dengan kompetensi sumber daya manusia yang ada. Dalam persprktif manajemen keuangan syariah hambatan-hambaran tersebut sudah memang seharusnya diatasi agar kegiatan UMKM dapat memberikan keuntungan yang berlipat ganda yang dalam islam biasa disebut falah, keuntungan dunia akhirat.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Usaha Mikro Kecil dan Menegah, Faktor-Faktor Penghambat, Perkembangan UMKM |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:13 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:13 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
