Fitriani, Fika (2025) Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Market Share di Pegadaian Parepare (Analisis Manajemen Syariah). Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
18.2900.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, persaingan di industri jasa keuangan, termasuk pegadaian, semakin ketat akibat munculnya berbagai lembaga keuangan lain yang menawarkan layanan serupa. Hal ini menuntut perusahaan seperti Pegadaian untuk terus memperkuat strategi pemasarannya agar mampu mempertahankan dan meningkatkan market share. Strategi pemasaran mencakup produk, promosi, harga, dan tempat untuk mencapai tujuan perusahaan. Dalam penerapannya, perusahaan mengelola bauran pemasaran (marketing mix) guna mempengaruhi pangsa pasar (market share), yaitu persentase penjualan produk atau jasa dalam suatu industri. Market share mencerminkan posisi pegadaian dalam pasar berdasarkan tingkat penjualan di segmen tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan market share di Pegadaian Parepare Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dibagi secara langsung dan telah di uji validitas dan reabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran di Pegadaian Parepare berpengaruh signifikan terhadap peningkatan market share, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti berpengaruh signifikan dan nilai R² sebesar 34,7%. Strategi pemasaran memberikan kontribusi sebesar 34,7% terhadap peningkatan market share, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Market Share, Pegadaian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 10 Dec 2025 02:41
Last Modified: 10 Dec 2025 02:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11568

Actions (login required)

View Item View Item