Akrab Dwijaya, Andi Aqsha (2025) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENDESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs YMPI RAPPANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2120203888204005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs YMPI Rappang. (dibimbing oleh ibu Herdah) Kemampuan pedagogik merupakan dasar yang harus dimiliki guru untuk menjalankan pembelajaran secara efektif. Di MTs YMPI Rappang, guru bahasa Arab memiliki kompetensi pedagogik yang cukup baik, namun masih terdapat kekurangan dalam perancangan pembelajaran, seperti belum optimalnya pencapaian tujuan, kurangnya perhatian terhadap karakteristik peserta didik, serta perlunya peningkatan penguasaan komponen pedagogik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam mendesain pembelajaran bahasa Arab, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta menganalisis komponen kompetensi pedagogik yang perlu dimiliki. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi atau Phenomenological Research. Metode penelitian ini digunakan untuk memahami dan menggambarkan pengalaman seseorang terhadap suatu peristiwa atau fenomena tertentu secara mendalam. Dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Proses analisis data mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Arab di MTs YMPI Rappang memiliki kompetensi pedagogik yang baik, ditunjang oleh sarana dan prasarana yang lengkap sehingga guru dalam mendesain pembelajaran lebih sempurna. Guru juga telah menguasai komponen penting kompetensi pedagogik dalam mendesain pembelajaran. Dengan penguasaan ketiga komponen tersebut, guru mampu merancang pembelajaran bahasa Arab yang lebih sempurna dan bermakna bagi peserta didik. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran bahasa Arab di madrasah tersebut.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Desain Pembelajaran, Bahasa Arab, Pembelajaran Efektif |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 00:10 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 00:10 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
