Nizar, Nizar (2025) MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH DI PONDOK PESANTREN SYEKH HASAN YAMANI POLEWALI MANDAR. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
2120203888204004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Model cooperative script dalam pembelajaran bahasa arab Madrasah Aliyah di pondok pesantren syekh hasan yamani Polewali Mamdar.( dibimbing oleh Kaharuddin) Cooperative Script. Model ini merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa untuk bekerja dalam kelompok kecil dengan menggunakan teknik penyusunan dan pemaparan materi secara bergantian, di mana siswa saling mengajarkan satu sama lain. dibutuhkan pendekatan secara langsung seperti model Cooperative Script yang memungkinkan siswa untuk belajar secara berpasangan dan saling mengajarkan materi. Penelitian ini berfokus pada dua rumusan masalah, yaitu:(1) bagaimana perencanaan dan pelaksanaan model Cooperative Script di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani Polewali Mandar, (2) bagaimana bentuk evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani Polewali Mandar. Tujuannya adalah untuk mengetahui secara mendalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan model tersebut, dalam pemahaman siswa terhadap Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif Bertujuan untuk menggambarkan, memahami, dan mengevaluasi secara mendalam pelaksanaan model Cooperative Script dalam pembelajaran Bahasa Arab. Menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis untuk menganalisis dinamika sosial dan pembelajaran di pesantren, terutama interaksi guru-siswa dalam proses belajar Bahasa Arab. Observasi langsung, wawancara terstruktur (dengan guru dan siswa), serta dokumentasi kegiatan pembelajaran di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani, Campalagian, Polewali Mandar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Proses Dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Syekh Hasan Yamani Polewali Mandar, perencanaan dan pelaksanaan dilakukan secara sistematis dan terstruktur. Guru menyusun RPP berbasis kerja sama, menyesuaikan materi dengan karakteristik siswa dan konteks pesantren, serta menyertakan kegiatan pendukung seperti ice breaking dan pengenalan kosa kata. (2). Bentuk Evaluasi guru dilakukan secara menyeluruh, menekankan proses dan partisipasi aktif siswa. Umpan balik diberikan secara personal, mendorong rasa percaya diri. Meski berkelompok, evaluasi individu tetap diterapkan untuk menjaga tanggung jawab pribadi siswa dalam memahami materi secara mandiri dan menyeluruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model, Cooperative Script, Pembelajaran, Bahasa Arab dan Pesantren Syekh Hasan Yamani
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 Dec 2025 23:58
Last Modified: 09 Dec 2025 23:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item