Nasir Fahira, Sity (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MANARATUL AWWABIIN KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2020203888204038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Manaratul Awwabiin Kbupaten Pinrang. (dibimbing oleh Bunda Herdah) Penguasaan kosa kata merupakan kemampuan seseorang untuk menggunakan kosa kata dalam berkomunikasi dengan baik dan benar. Kualitas keterampilan berbahasa yang dimiliki seseorang tergantung dari kualitas dan kuantitas kosa kata yang dimilikinya. Diketahui pada MTs Manaratul Awwabiin Kabupate Pinrang masih banyak santri yang terkendala dalam hal menguasai kosa kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa kelas VII MTs Manaratul Awwabiin Pinrang sebelum dan setelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi serta mengetahui apakah terdapat peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas VII MTs Manaratul Awwabiin Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan ialah penelitian One Group Pre-test Post-test. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanya 20 dari 21 yang menjadi populasi pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling. Pengumpulan data meggunakan observasi, pre test dan post test, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan penguasaan kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Manaratul Awwabiin Kabupaten Pinrang karena terdapat peningkatan yang signifikansi. Selain itu, nilai rata-rata yang diperoleh pada pre-test 53,40 dan nilai rata-rata yang diperoleh pada post-test 88,60. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ujian hipotesis dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kosa Kata, Pembelajaran Bahasa Arab, Pembelajaran Berdiferensiasi |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 08:05 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 08:05 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11550 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
