Ansa Khatimar, Husnul (2025) IMPLEMENTASI METODE IMLA’ DALAM MENINGKATKAN MAHARAH AL-KITABAH PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS DDI TUPPU KABUPATEN PINRANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
|
Text (FULL TEXT)
2020203888204024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Implementasi Metode Imla’ Dalam Meningkatkan Maharah AL-Kitabah Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS DDI Tuppu, Kabupaten Pinrang. (dibimbing oleh bapak Kaharuddin) Metode imla adalah suatu metode pembelajaran menulis yang dilakukan dengan cara mendiktekan kata, frasa, atau kalimat kepada siswa untuk ditulis kembali secara benar. Tujuan penelitian ini adalah unuk: (1) mendeskripsikan implementasi metode imla’ dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTS DDI Tuppu, Kabupaten Pinrang (2) mengetahui peningkatan Maharah Al-Kitabah pada pembelajaran bahasa Arab sebelum dan setelah Implementasi Metode Imla’ (3) mendesskripsikan apakah terjadi peningkatkan Maharah Al-Kitabah pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTS DDI Tuppu, Kabupaten Pinrang Pene,itian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dengan jenis peneliatan One Group Pre-test Post-test. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanya 42 dari 42 siswa yang menjadi populasi pada penelitian ini menggunakan teknik non probabillity sampling. Pengumpulan data meggunakan observasi, pre test dan post test, dan dokumentasi. Impelentasi metode imla’ dalam penelitian ini menggunakan tahapan pendekatan penelitian eksperimen yang bertujuan unutk mencari tahu pengaruh perlakuan tertentu dalam kondisi tertentu. Penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi metode imla’ dapat meningkatkan Maharah Al-Kitabah dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII MTS DDI Tuppu, Kabupaten Pinrang karena terdapat peningkatan yang signifikansi. Selain itu, nilai rata-rata yang diperoleh pada pre-test 36,9 dan nilai rata-rata yang diperoleh pada post-test 83,1. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ujian hipotesis dengan nilai signifikansi 0,001 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis diterima
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Imla’, Maharah Al-Kitabah, Pembelajaran Bahasa Arab |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | kiki saleh |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 07:22 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 07:22 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11544 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
