SAFITRI, EKA (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN 1 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
2020203888204010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X MAN 1 Parepare (Dibimbing oleh M. Taufiq Hidayat Pabbajah, MA.) Latar belakang masalah yaitu implementasi kurikulum merdeka, meskipun menawarkan fleksibilitas dan relevansi yang lebih tinggi, juga menghadirkan sebuah tantangan, terutama dalam konteks pembelajaran bahasa Arab terkhusus di Madrasah Aliyah (MA). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih mendalam terkait implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Parepare. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MAN 1 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan mengambil latar belakang di MAN 1 Parepare. Subjek dalam penelitian ini adalah wakamad bidang Kurikulum, guru bahasa arab dan siswa. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi Kurikulum Merdeka di MAN 1 Parepare belum terlaksana secara maksimal, dibuktikan dengan hasil observasi dan wawancara. Bahwa pevmbevlajaran bevrbasis projevk (Project Based Learning) dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Parepare belum terlaksana. Dimana guru bahasa arab masih menggunakan pendekatan konvensional yang berfokus pada hafalan kosakata dan tata bahasa, tanpa melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan proyek yang kontekstual dan kolaboratif. Dimana pembelajaran yang menekankan keterlibatan aktif siswa, kreativitas, dan pemecahan masalah dalam situasi nyata masih belum menjadi bagian dari praktik pembelajaran sehari-hari. 2) Dalam implevmevntasi Kurikulum Mevrdevka, tevrdapat bevbevrapa faktor pevndukung dan pevnghambat dalam pevmbevlajaran bahasa Arab, yaitu: Faktor pevndukung diantaranya, Potensi guru, Dukungan sekolah, Sarana dan Prasarana. Adapan faktor penghambat diantaranya, Kurangnya pemahaman guru, Keterbatasan sumber daya, Tantangan dalam metode pembelajaran, Evaluasi pembelajaran serta Minat dan kesiapan siswa. 3) Implikasi Kurikulum merdeka dengan P5RA (Projek Penguat Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil ‘Alamin) memberikan dampak signifikan dalam proses pembelajaran diantaranya: a) Kurikulum Merdeka sangat membantu guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan turut mendorong peningkatan soff skill guru. b) Kemampuan siswa yang lebih cepat memahami materi yang diajarkan oleh guru, dimana pada proses pembelajaran guru menggabungkan penjelasan materi dengan praktik langsung. c) Kurikulum Merdeka dengan P5RA, membentuk karakter siswa melalui penerapan nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun dalam berbagai kegiatan Intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang berguna untuk meningkatkan metode pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Parepare.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 Dec 2025 07:08
Last Modified: 09 Dec 2025 07:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11542

Actions (login required)

View Item View Item