WAHYUNI, SRI (2025) Model Evaluasi CIPPO dalam Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Usia Dini Di RA DDI Sabamparu. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203886207025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Program pemberian makanan tambahan ini dilakukan sebagai upaya dalam menuntaskan atau mencegah gizi buruk pada anak. Program tersebut bertujuan guna membiasakan anak untuk hidup sehat sesuai pertumbuhan dan perkembangannya sesuai tahap usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pemberian makanan tambahan anak usia dini di RA DDI Sabamparu. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi program dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan oleh peneliti adalah model evaluasi CIPPO (Context, Input, Process, Product, dan outcome). Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil observasi serta wawancara dengan guru dan orangtua di RA DDI Sabamparu. Data sekunder dalam penelitian ini antara lain dari data dokumentasi berupa dokumen mengenai acuan yang digunakan dalam melaksanakan program pemberian makanan tambahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberian makanan tambahan di RA DDI Sabamparu ini secara garis besar masih perlu diperbaiki. Dengan kendala-kendala yang dipaparkan dalam hal keterlibatan orang tua dalam program pemberian makanan belum maksimal dan dalam hal pemberian makanan tambahan hanya dilakukan satu kali setiap semester dan tidak sesuai dengan petunjuk pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pemberian Makanan Tambahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Dec 2025 05:30
Last Modified: 09 Dec 2025 05:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11531

Actions (login required)

View Item View Item