Fadilla, Nur (2025) Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Kecerdasn Interperonal Pada Anak Kelompok B di TK Kartika XX-12. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203886207019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan dan efektivitas metode eksperimen dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak kelompok B di TK Kartika XX_12 Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari 42 anak, yang terbagi dalam dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing berjumlah 21 anak. Metode eksperimen diterapkan melalui kegiatan pembelajaran berbasis kolaboratif dan eksploratif, seperti eksperimen gelombang sabun, gunung meletus, dan estafet warna, yang dirancang untuk melatih kerja sama, komunikasi, dan empati antar anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kecerdasan interpersonal yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Hasil analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan peningkatan signifikan dalam kecerdasan interpersonal anak pada kelompok eksperimen (Asymp. Sig. = 0,000). Selain itu, hasil uji Mann-Whitney U menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol pada skor posttest (Asymp. Sig. = 0,000), yang menegaskan bahwa metode eksperimen lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Hal ini berarti metode eksperimen efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode eksperimen sebagai alternatif pembelajaran yang inovatif untuk mengembangkan keterampilan sosial di lingkungan taman kanak-kanak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Metode Eksperimen, Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:17
Last Modified: 09 Dec 2025 04:17
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item