Nadia, Nadia (2025) Penerapan Program Transisi PAUD ke SD Untuk Mengembangkan Aspek Sosial Emsional Di TK Tunas Bangsa Lanrisang Kabupaten Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2120203886207006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Program transisi PAUD ke SD ini dilakukan sebagai upaya dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak dalam kesiapan memasuki jenjang sekolah dasar. Program ini bertujuan untuk membantu anak dalam mempersiapkan diri untuk masa transisi dan perpindahan serta memberikan bekal kemandirian dan beradbtasi dengan lingkungan baru.Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program transisi PAUD ke SD untuk mengembangkan aspek sosial emsional di TK Tunas Bangsa Lanrisang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 15 anak dari kelompok B. Prosedur penelitian meliputi empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada kelompok B di TK Tunas Bangsa Lanrisang, Kabupaten Pinrang, menunjukkan bahwa sebelum tindakan dilakukan, anak-anak belum mampu menunjukkan aspek sosial emosional yang baik, baik untuk diri sendiri maupun di lingkungan sekitar. Namun, setelah tindakan dilaksanakan, terdapat peningkatan pada tiga indikator penilaian kepercayaan diri anak. Peningkatan ini terlihat ketika anak-anak mengikuti kegiatan program transisi, seperti berkunjung dan merasakan belajar singkat di SD dan MI. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II, di mana setiap indikator berkembang dengan sangat baik (BSB). Anak-anak menjadi lebih percaya diri untuk tampil di depan teman-temannya, mampu menunjukkan kemampuan dalam bercerita, merespon cerita, serta beradaptasi dengan lingkungan baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program Transisi PAUD ke SD,Sosial Emosional,Pendidikana Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Dec 2025 03:44
Last Modified: 09 Dec 2025 03:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11522

Actions (login required)

View Item View Item