Hasnita, Hasnita (2024) Pengembangan Modul Berbasis Budaya Lokal Sulawesi Selatan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak di Kelompok A TK Kartika XX-12 Kota Parepare. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203886207024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Perkembangan motorik halus anak adalah kemampuan menggunakan otot-otot kecil pada tangan, jari, dan pergelangan tangan untuk melakukan gerakan yang terkoordinasi dan tepat. Kemampuan ini sangat penting untuk berbagai aktivitas sehari-hari, seperti makan, menggambar, menulis, dan bermain dengan mainan kecil. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran perkembangan motorik halus pada anak di Kelompok A TK Kartika XX-12 Kota Parepare, pengembangan Modul Berbasis Budaya Lokal Sulawesi Selatan Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak di Kelompok A TK Kartika XX-12 Kota Parepare, serta Pengaruh Modul Berbasis Budaya Lokal Sulawesi pada Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Anak di Kelompok A TK Kartika XX-12 Kota Parepare Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D) dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok A dengan jumlah siswa 12 anak dengan 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Borg & Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan motorik halus anak di kelompok A TK Kartika XX-12 disebabkan karena kurang menariknya perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran serta kurangnya stimulasi dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak. Proses pengembangan menggunakan model Borg & Gall dengan 10 tahapan, dan hanya sampai pada tahap uji coba produk terbatas. Hasil validasi dari ahli media sebesar 87% dengan kategori “sangat layak”, hasil validasi dari ahli materi sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”, dan hasil validasi dari ahli bahasa sebesar 91% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil uji coba produk diperoleh dari Angket respon guru menunjukkan persentase 84% dengan kategori “sangat menarik”, hasil lembar observasi guru sebesar 90% dengan kategori “sangat baik” dan hasil penilaian lembar observasi anak sebesar 89% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus Anak, Modul Pengembangan Motorik Halus Anak, Budaya Lokal Sulawesi Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:50
Last Modified: 09 Dec 2025 02:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11518

Actions (login required)

View Item View Item