Nurrahmah, Sabahan (2025) Pengaruh Media Permainan Kartu Uno Terhadap Kemampuan Mengenal Angka pada Kelompok A di TK IT Al-Azizi. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203886207011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di TK IT Al-Azizi kelompok A, diketahui bahwa kemampuan mengenal angka anak masih rendah. Sebanyak 14 dari 16 anak belum memahami bilangan dan belum mampu menyebutkan angka 0–9 secara berurutan. Guru cenderung lebih fokus pada hafalan surah pendek dan tahsin, serta belum melibatkan anak secara aktif dalam kegiatan mengenal angka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media permainan kartu Uno terhadap kemampuan mengenal angka anak kelompok A di TK IT Al-Azizi. Kemampuan mengenal angka merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini dan menjadi dasar pemahaman konsep matematika selanjutnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe One Group Pre-test Post-test. Subjek penelitian berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (pretest dan posttest) serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal angka setelah diterapkannya media permainan kartu Uno. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest. Nilai Z = -3,531 menunjukkan bahwa skor post-test secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan pre-test. Dengan demikian, media permainan kartu Uno berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak. Permainan edukatif seperti kartu Uno dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam mendukung perkembangan kognitif anak usia dini, khususnya dalam pengenalan angka.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media permainan kartu Uno, Mengenal angka, Kemampuan kognitif.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:28
Last Modified: 08 Dec 2025 07:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item