SULVA AULIA, FITRIANI (2025) “Penerapan Metode Gerak dan Lagu Dalam Menghafal Hadis Anak Usia Dini Pada Kelompok B di RA Al-Chaeriyah Silopo”. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203886207010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Melalui pembelajaran yang tepat dapat menunjang proses pembelajaran anak usia dini. Kemampuan menghafal hadis merupakan aspek yang membutuhkan metode pembelajaran yang tepat untuk menunjang kemampuan anak dalam memahami pembelajaran yang disampaikan. Kesulitan anak dalam menghafal hadis yang disampaikan pendidik disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan tidak menarik perhatian anak dalam belajar. Dalam penelitian ini, metode gerak dan lagu yang digunakan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal hadis pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dengan jumlah 18 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada anak kelompok B di RA Al-Chaeriyah Silopo dapat disimpulkan bahwa sebelum adanya tindakan, kemampuan menghafal hadis anak masih kurang, setelah dilakukan tindakan menggunakan metode pembelajaran gerak dan lagu kemampuan menghafal hadis anak mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan pada tiap indikator dengan berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Menghafal hadis, Metode gerak dan lagu, Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:03
Last Modified: 08 Dec 2025 07:03
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item