Rosa Indah, Eva (2025) Penerapan Metode Tabarak Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Kabupate n Pinrang. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203886207006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Metode Tabarak adalah pendekatan dalam pembelajaran Al-Qur’an yang menekankan pada proses menghafal secara bertahap dengan pengulangan, pemahaman, dan penghayatan terhadap ayat-ayat suci Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan pengaruh metode tabarak dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian di TK Harapan Kabupaten Pinrang. Subjek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 15 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode tabarak layak digunakan sebagai metode penghafalan. Kelayakan ini didukung oleh terlaksananya 2 siklus yang mengalami peningkatan dari 0,2% menjadi 0,8% setelah diterapkannya sikuls I dan siklus II. Peningkatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada anak usia 5-6 Tahun di TK Harapan Kabupaten Pinrang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Menghafal, Metode Tabarak, Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:51
Last Modified: 08 Dec 2025 06:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item