Almar’atu Sholeha, Tiara (2025) Implementasi Kegiatan Early Practical life Untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun di Educare Anakta IAIN Parepare. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203886207005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Anak yang memiliki perkembangan motorik halus yang baik akan lebih mudah menghadapi berbagai tantangan dan kesempatan dalam kehidupannya. Salah satu kegiatan yang dapat dijadikan stimulus dalam melatih motorik anak salah satunya adalah practical life. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan practical life untuk melatih motorik halus anak usia 2-3 tahun di Educare Anakta IAIN Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yaitu anak usia 2-3 tahun dengan jumlah 4 anak dengan satu anak laki-laki berusia 3 tahun, tiga anak perempuan berusia 3 tahun. Adapun teknik dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis mewawancarai sumber data yaitu guru yang mengajar di Educare Anakta IAIN Parepare. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelaksanaan kegiatan practical life melalui aktivitas menggunting pola garis lurus, menjahit pola baju, mengancingkan baju dan menuang air di Educare Anakta IAIN Parepare cukup efektif dalam melatih motorik halus anak. Sebagian besar peserta didik telah menunjukkan perkembangan yang sangat baik dalam keterampilan motorik halus dasar seperti menuang air dan menjahit pola baju.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Model Pembelajaran Montessori, Practical life
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:13
Last Modified: 08 Dec 2025 06:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11505

Actions (login required)

View Item View Item