INDAH, HASMA (2025) Pengembangan Media Ritatoon dalam pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat anak kelompok A di TK IT Al-Azizi. Other thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2020203886207003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) |
Abstract
Perilaku hidup bersih dan sehat atau biasa disingkat (PHBS) adalah segala perilaku segala perilaku kesehatan yang dilakukan dengan kesadaran sendiri sehingga mampu menolong dirinya sendiri dan memiliki peran aktif dalam kkegiatan-kesehatan kesehatan masyarakat. Sedangkan PHBS di sekolah adalah pondasi dari perilaku kesehatan yang bisa diraih oleh anak, dari itu sekolah harus mempromosikan program kesehatan di lingkungan sekolah terkait kebersihan diri untuk mencapai pencegahan penyakit di lingkungan sekolah. Upaya dalam mengenalkan PHBS pada anak yaitu melalui Media Ritatoon. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Gambaran analisis, proses pengembangan, serta hasil kevalidan dan kepraktisan dalam mengembangkan Media Ritatoon dalam perilaku hidup bersih dan sehat kelompok A di TK IT Al- Azizi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And Development (R&D) dengan subjek penelitian yaitu anak kelompok A dengan jumlah siswa 10 anak dengan 5 laki-laki dan 5 perempuan. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Borg & Gall, meliputi 10 tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, uji coba pemakaian, revisi produk, uji coba produk, revisi desain, revisi produk, produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran analisis dalam pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat anak kelompok A di TK IT Al-Azizi menunjukkan kurangnya fasilitas dalam mengenalkan PHBS pada anak serta metode yang masih kurang bervariatif pemanfaatan adanya Media Ritatoon dalam mengenalkan PHBS. Proses pengembangan menggunakan model Borg & Gall dengan 10 tahapan, dan hanya sampai tahap uji coba produk terbatas. Hasil kevalidan ahli materi sebesar 96% dengan kriteria "Sangat Layak" dan ahli media sebesar 92% dengan kriteria "Sangat Layak". Hasil kepraktisan menunjukkan rata-rata sebesar 3,9 dengan kategori “Tinggi”. Dan hasil dari hasil penilaian observasi anak mendapat persentase sebesar 81% dengan kategori “Layak”. Angket respon guru oleh guru kelompok A menunjukkan persentase sebesar 75% dengan kriteria "Layak
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Phbs, Media Ritatoon |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:52 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:52 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
