AYU AMELIA, RESKY (2025) Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kartika XX-39 Parepare. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203886207002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perilaku agresif pada anak usia dini di TK Kartika XX-39 Parepare, yang dapat menghambat proses pembelajaran dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan mengindentifikasi bentuk-bentuk perilaku agresif pada anak usia 5-6 tahun serta menganalisis peran guru dalam mengatasi perilaku tersebut guna menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan guru kelas dan dokumentasi terkait perilaku agresif anak. Prosedur analisis melibatkan pengumpulan, penyuntingan, dan interpretasi data berdasarkan teori perkembangan anak usia dini serta pendekatan berbasis perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku agresif pada anak meliputi, agresif fisik yaitu, memukul, mencubit, mendorong dan menendang. Agresif verbal yaitu, berkata kasar, mengejek, mengancam dan berkata keras atau melawan guru. Agresif pasif yaitu, mengambil barang orang lain tanpa izin, dan menolak mengerjakan tugas dari guru. Guru memainkan peran penting sebagai model, fasilitator, motivator, edukator dan evaluator dalam menangani perilaku agresif. Pendekatan guru yang konsisten, empati, dan pembiasaan mengurangi perilaku tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Agresif, Peran Guru, Anak Usia Dini
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:49
Last Modified: 08 Dec 2025 04:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11503

Actions (login required)

View Item View Item