Hadriyahrahmadana Afdar, Reshi (2025) Reshi Hadriyahrahmadana Afdar. Strategi Guru dan Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Negatif Pada Anak Usia Kelompok A di RA Ashabul Kahfi. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
19.1800.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Anak usia dini merupakan anak-anak dalam rentang usia merupakan periode kritis bagi anak dimana perkembangan pada periode ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pada periode berikutnya hingga masa dewasanya. Peran guru dan orang tua sangat penting dalam perkembangan anak yang memasuki masa golden age, perlu dengan ekstra menjaga perkembangan anak karena dengan masa golden age inilah kunci awal terbentuknya perkembangan anak. Penelitian ini Untuk mengetahui deskripsi perilaku negatif pada anak usia kelompok A di RA Ashabul Kahfi, Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi perilaku negatif anak usia kelompok A di RA Ashabul Kahfi, dan Untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengatasi perilaku negatif anak usia kelompok A di RA Ashabul Kahfi. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode/pendekatan studi kasus.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di RA Ashabul Kahfi yang beralamat Jl. Lompoe Kec. Bacukiki, Kota Parepare.. Adapun fokus penelitian adalah Perilaku negatif pada anak usia kelompok A di RA Ashabul Kahfi dan Strategi guru dan orang tua dalam mengatasi perilaku negatif pada anak usia kelompok a di RA Ashabul Kahfi.. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis analisa deduktif artinya data yang diperoleh di lapangan secara umum kemudian diuraikan dalam kata-kata yang penarikan kesimpulannya bersifat khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku seperti tantrum dan berbohong antara anak dengan guru dan anak dengan orang tua yang tidak terjadi secara frekuentif (2) Strategi guru dalam mengatasi perilaku negative anak dengan menggunakan pendekatan pengembangan keterampilan sosial-emosional, menggunakan pendekatan multikulturalisme, dan reinforcement (penguatan) positif, (3) Strategi orang tua dalam mengatasi perilaku negative anak dengan melakukan pendisplinan, mengikuti kemauan anak serta memberikan reward, membiarkannya merasakan emosinya, dan memberikan nasehat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Negatif, Strategi, Guru, Orang tua
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:18
Last Modified: 08 Dec 2025 04:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11502

Actions (login required)

View Item View Item