Kurniawati, Kurniawati (2025) Penerapan Practical Life skill Untuk Meningkatakan kemandirian Anak kelompok A TK PGRI Angin-angin Kabupaten Enrekang. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
19.1800.026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan Practical Life Skill Untuk Meningkatakan Kemandirian Anak Kelompok A TK PGRI Angin-angin Kabupaten Enrekang, di mana peneliti menyatakan bahwa kemandirian anak di TK PGRI Angin-angin Kabupaten Enrekang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemandirian anak kelompok A TK PGRI Angin-angin Kabupaten Enrekang serta untuk mengetahui penerapan practical life skill untuk mengetahui kemandirian anak kelompok A TK PGRI Angin-angin Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel pada penelitian ini adalah kelompok A peserta didik yang mengalami kemandirian masih rendah di TK PGRI Angin-angin Kabupaten Enrekang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan practical life skill dapat dilihat bahwa sebelum adanya tindakan, kriteria anak ada 1(25%) belum berkembang dan 2 (50%) mulai berkembang dalam kemandirian anak pada pra siklus. Pada siklus 1 terdapat 2 (50%) mulai meningkat dan 3 (75%) berkembang sesuai harapan, siklus II terdapat 3(75%) berkembang sesuai harapan dan 4(100%) berkembang sangat baik, terjadi peningkatan kemandirian anak pada siklus setelah dilaksanakan penerapan practical life skill.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Practical Life Skill, Kemandirian Anak, Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 04:05
Last Modified: 08 Dec 2025 04:08
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11501

Actions (login required)

View Item View Item