salmawati, salmawati (2025) (Penerapan Kegiatan Membatik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Kelompok B di TK Al-Ahwan. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
19.1800.025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kecerdasan visual spasial merupakan salah satu bentuk kecerdasan majemuk yang melibatkan kemampuan anak untuk memahami, menginterprestasikan, dan memanipulasi informasi dalam bentuk visual. Di TK Al-Ahwan Soreang, kelompok B yang terdiri dari anak usia 5-6 tahun menunjukkan potensi yang bervariasi dalam aspek kecerdasan visual-spasial. adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran awal kecerdasan visual spasial anak kelompok B serta mengetahui penerapan kegiatan membatik untuk meningkatkan kecerdasan visual spasial anak kelompok B di TK Al-ahwan Soreang kota parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis and MCTaggart. Jenis penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan dengan tema kegiatan membatik. Subjek penelitian peserta didik kelompok B dengan jumlah 4 orang anak. Adapun prosedur penelitian terdiri dari empat tahapan yaitu perncanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan membatik dapat dilihat bahwa sebelum adanya tindakan, dominan nilai skor 3 anak ( 25%) belum berkembang dan 1 anak (25%) mulai berkembang dalam kecerdasan visual spasial pada pra siklus. Pada siklus 1 terdapat 2 anak (50%) mulai berkembang dan 2 anak (50%) berkembang sesuai harapan, siklus II terdapat 4 anak ( 100%) berkembang sangat baik. Terjadi peningkatan kecerdasan visual spasial pada siklus setelah dilaksanakan penerapan kegiatan membatik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan membatik dan kecerdasan visual spasial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 03:52
Last Modified: 08 Dec 2025 03:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item View Item