Khofifah, Khofifah (2025) Penggunaan Media Video Animasi Untuk Mengembangkan Nilai Khuluqiyyah Pada Anak Kelompok A Di TK Kartika XX-39 Kota Parepare. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
18.1800.032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi dalam mengembangkan nilai khuluqiyyah pada anak kelompok A di TK Kartika XX-39 Kota Parepare. Nilai khuluqiyyah (akhlak) menjadi aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, yang mencakup perilaku disiplin, kesopanan, dan tanggung jawab. Media video animasi dipilih sebagai metode pembelajaran karena mampu menyajikan visual yang menarik dan narasi yang terstruktur, sehingga dapat memperkuat pemahaman anak terhadap nilai-nilai akhlak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di TK Kartika XX-39 Kota Parepare, dengan jumlah sampel 20 anak yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan hasil observasi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi berpengaruh positif terhadap pengembangan nilai khuluqiyyah anak. Pada siklus I, anak mulai menunjukkan perubahan perilaku dalam aspek disiplin, kesopanan, dan tanggung jawab meskipun belum maksimal. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan pada pengamalan nilai khuluqiyyah, dalam berperilaku sopan, bertanggung jawab, dan disiplin.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Video Animasi, Nilai Khuluqiyyah, Pendidikan Anak Usia Dini, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 08 Dec 2025 01:48
Last Modified: 08 Dec 2025 01:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item View Item