RAHMA M., RAHMA M. (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GRAMATIKA BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KE DUA PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN ITTIHADU AL-USRATI WA AL- JAMA’AH DDI LERANG-LERANG KOTA PINRANG KABUPATEN PINRANG. Other thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Full Teks)
18.0212.005.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab sebagai Bahasa ke Dua Peserta Didik Di Pondok Pesantren Ittihadu al-Usrati wa al-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kota Pinrang Kabupaten Pinrang. Adapun tujuan penelitian tesis ini adalah, untuk mengetahui proses pembelajaran gramatika bahasa arab sebagai bahasa ke dua peserta didik di pondok pesantren Ittihadu al-Usrati wa al-Jama’ah DDI Lerang-Lerang, mengetahui kendala dan upaya penyelesaian dalam pembelajaran gramatika bahasa Arab sebagai bahasa ke dua peserta didik dan untuk mengetahui implementasi gramatika bahasa Arab sebagai bahasa ke dua peserta didik di pondok pesantren Ittihadu al-Usrati wa al-Jama’ah DDI Lerang-Lerang Kota Pinrang Kabupaten Pinrang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, sulitnya peserta didik dalam mengalami ketuntasan belajar pada materi tertentu, peserta didik yang agresif, daya serap peserta didik yang rendah serta kurangnya disiplin peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, pendekatan penelitian adalah pedagogik dan psikologis, dengan teknik penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Proses pembelajaran gramatika bahasa Arab sebagai bahasa ke dua peserta didik di pondok pesantren Ittihadu al-Usrati wa al-Jama’ah DDI Lerang-Lerang sudah berjalan dengan baik, pendidik menerapkan materinya dengan menyesuaikan strategi pembelajaran sesuai yang tercantum dalam RPP, mulai dari pendidik melakukan kegiatan pendahuluan, inti sampai penutup. (2) Kendala yang dialami peserta didik dalam pembelajaran gramatika bahasa Arab yaitu sulitnya peserta didik dalam mengalami ketuntasan belajar pada materi tertentu, peserta didik yang agresif, daya serap peserta didik yang rendah serta kurangnya disiplin peserta didik. Upaya penyelesaian dalam pembelajaran gramatika bahasa Arab sebagai bahasa ke dua yaitu, aktif dalam mengadakan kajian-kajian/menelaah literatur yang berbahasa Arab, menciptakan lingkungan bahasa yang kondusif, serta mengadakan perkampungan bahasa Arab secara kontinyu (3) Implementasi pembelajaran gramatika bahasa Arab sebagai bahasa kedua yaitu peserta didik mampu dalam membentuk ungkapan gramatikal dan bermakna, karena sudah terlatih dalam pembelajaran formal dan non formal, dan menjadi kebiasaan bagi peserta didik dalam menerapkannya ketika berkomunikasi dengan benar, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan pondok.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Gramatika, Bahasa Arab, Bahasa Kedua, Peserta Didik |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
| Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
| Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 01:28 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 01:28 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11449 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
