Nuraeni, Nuraeni (2025) STRATEGI GURU KITAB TURATS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRI BAITUL KITAB KAMPUS III BULU LAMPANG PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203886108057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Baitul kitab adalah lembaga nonformal yang telah lama diterapkan di pondok pesantren yaitu dimulai pada tahun 2015. Lembaga ini merupakan bentuk ikhtiar para guru dalam membimbing santriwati untuk membaca dan memahami kitab turats dengan cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Strategi guru kitab turats dalam proses pelaksanaan pembelajaran di Baitul kitab, 2) langkah-langkah yang dilaksanakan guru kitab turats, 3) Faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Baitul kitab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian studi kasus, adapun jenis data menggunakan jenis data subyek dan sumber data adalah guru dan santri Baitul kitab. Selanjutnya tahapan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan adapun teknik pengujian keabsahan data yang digunakan adalah uji creadibility dan uji dependabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru kitab turats dalam proses pelaksanaan pembelajaran di Baitul kitab meliputi: Menggunakan strategi heuristik dan refleksif, serta guru menyiapkan rencana pembelajaran sesuai dengan tingkat pemahaman santri, hal ini dibagi menjadi tiga tingkatan meliputi tingkatan A (tinggi), tingkatan B (sedang) dan tingkatan C (rendah). Seorang guru menyiapkan beberapa metode agar bisa memahami tingkat kemampuan santri, 2) langkah-langkah yang dilaksanakan guru kitab turats, penulis telah melihat langsung di baitul kitab telah menjalankan pembelajaran kitab turats sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan agar mampu meningkatkan prestasi belajar santri Baitul kitab. 3) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Baitul kitab, faktor pendukung meliputi kemampuan guru, terpenuhinya sarana dan prasarana, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, santri, dan lingkungan dalam pembelajaran kitab turats di Baitul kitab.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kitab Turats, Prestasi, Santri Baitul Kitab.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 28 Oct 2025 14:01
Last Modified: 28 Oct 2025 14:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11419

Actions (login required)

View Item View Item