Risal, Risal (2025) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAS DARUL FALAH ENREKANG. Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2120203886108023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAS Darul Falah Enrekang serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi dengan fokus penelitian yaitu penerapan kurikulum merdeka serta faktor pendukung penerapnnya pada pembelajaran PAI. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sumber data primer dari guru Pendidikan Agama Islam, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan peserta didik, serta data sekunder berupa dokumen kurikulum, media pembelajaran, dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mencakup tiga kompoten utama penerapan: penerapan kurikulum mencakup aktivitas perencanaan yang berfokus pada diferensiasi dan penyusunan modul ajar yang fleksibel, penerapan yang mencakup aktivitas pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan guru sebagai fasilitator, serta penerapan aktivitas evaluasi yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui berbagai teknik penilaian. Adapun faktor yang mendukung penerapan kurikulum meliputi keterlibatan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta kebutuhan sekolah pada aspek kecukupan sarana dan prasarana serta kepemimpinan kepala sekolah yang strategis dalam menentukan kebijakan kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 28 Oct 2025 13:06
Last Modified: 28 Oct 2025 13:06
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11416

Actions (login required)

View Item View Item