Wildayanti, Wildayanti (2025) PENGGUNAAN CYBER RELIGION DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MAN PINRANG PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS. Other thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Teks)
2120203886108012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang penggunaan cyber religion dalam peningkatan kemampuan literasi keagamaan peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur'an hadis di kelas XII MAN Pinrang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi keagamaan peserta didik dan bagaimana penggunaan cyber religion dalam peningkatan kemampuan tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer meliputi peserta didik, guru mata pelajaran Al-Qur'an hadis, Wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum, dan Kepala Madrasah, sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil pencarian peserta didik di situs, website, dan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi keagamaan peserta didik berada pada tingkat yang baik. Peserta didik tidak hanya memahami ajaran agama secara konseptual, tetapi juga mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik memanfaatkan teknologi dengan baik untuk mencari informasi keagamaan, mampu menganalisis dan mengkritisi informasi yang mereka dapatkan serta mampu bersikap bijak dan toleran dalam berkomunikasi dan menyikapi perbedaan. Penggunaan cyber religion melalui platform digital seperti YouTube, Google, TikTok, Instagram, dan aplikasi kecerdasan buatan seperti ChatGPT terbukti memberikan kontribusi dalam peningkatan literasi keagamaan. Kontribusi tersebut terlihat dari meningkatnya pemahaman ajaran agama, kemampuan berpikir kritis terhadap informasi keagamaan, penerapan nilai-nilai keagamaan, dan tumbuhnya sikap toleran dalam beragama. Penelitian ini juga mengungkapkan peran penting guru sebagai fasilitator dalam perspektif konstruktivisme yang mengarahkan peserta didik untuk membangun pengetahuan secara mandiri melalui berbagai sumber digital yang relevan, peserta didik dilatih untuk berpikir kritis dan mengembangkan sikap selektif dalam menyaring informasi keagamaan dari internet.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cyber religion, Literasi Keagamaan, Al-Qur'an Hadis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 06:08 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 06:08 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |