Hidayat, Muh Taufik (2025) Pemanfaatan Media dalam Komunikasi Pedagogik Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
18.3100.033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media dalam komunikasi pedagogik pada proses pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Parepare. Penggunaan media dalam komunikasi pedagogik merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan interaksi edukatif, mempermudah pemahaman materi, dan menciptakan suasana belajar yang menarik, terutama melalui pemanfaatan media visual, cetak, dan digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan media dalam komunikasi pedagogik pembelajaran serta mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh guru untuk mengatasi kendala dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di MAN 1 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan meliputi person (guru dan siswa), place (lingkungan pembelajaran), dan paper (dokumen pendukung). Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan adalah wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Dengan metode wawancara, peneliti memperoleh informasi yang akurat dan sesuai fakta berdasarkan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media dalam komunikasi pedagogik di MAN 1 Parepare telah diterapkan melalui media visual (PowerPoint, video animasi, infografis), media cetak (handout, buku teks), dan media digital (WhatsApp Group, Google Classroom, Kahoot), yang mendukung komunikasi dua arah melalui diskusi, tanya jawab, dan aktivitas interaktif seperti presentasi kelompok. (2) Strategi yang diterapkan meliputi pemilihan media sesuai kebutuhan materi dan siswa, pendekatan multimodal, pemanfaatan platform digital, dan adaptasi terhadap kendala teknologi seperti penggunaan media alternatif (papan tulis, handout) saat fasilitas terbatas. Strategi ini meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman materi, dan pembentukan karakter moral, meskipun terkendala oleh keterbatasan teknologi dan kompetensi guru.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pedagogik, Media Pembelajaran, Madrasah Aliyah, Teknologi Pendidikan, Interaksi Edukatif |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 14 Oct 2025 02:12 |
Last Modified: | 14 Oct 2025 02:12 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |