Muliati, Muliati (2024) Pemanfatan Multimedia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di MTs. As’diyah Putra Pusat Sengkang, Kabupaten Wajo. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2220203886108020 TESIS MULIATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tesis ini menelaah tentang pemanfaatan multimedia terhadap hasil belajar siswa di MTs. As’adiyah Sengkang, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana signifikasi pengaruh penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di sekolah ini. Untuk melihat pengaruh tersebut penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research dengan mengambil model Kemmis dan McTaggart. Model ini terdiri dari dua siklus atau dua tahap. Sementara itu, masing-masing siklus ini terdiri dari empat tahapan, yakni: perencanaan dengan mendesain rencana kelas yang akan diamati; (2) pelaksanaan dengan memberikan stimulus tertentu dalam pembelajaran; (3) pengamatan dengan memperhatikan setiap tahapan pelaksanaan pengajaran; (4) refleksi dengan mengevaluasi proses pembelajaran dan selanjutnya memperbaikinya. Hasil penelitian ini adalah: pertama, proses pembelajaran di MTs. As’adiyah masih cenderung menggunakan metode konvensional sehingga pemanfaatan multimedia oleh guru masih sangat terbatas. Hal ini mengingat MTs. As’adiyah merupakan lembaga pendidikan pesantren yang lazim menggunakan metode ceramah. Kedua, berimplikasi pada hasil belajar siswa yang belum maksimal. Dari 25 siswa hanya 8 orang atau sekitar 36% yang memperoleh nilai ≥ 80 dan 17 orang lainnya atau sekitar 64% yang memperoleh nilai ≤ 80. Ketiga, pemanfaatan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa di MTs. As’adiyah Sengkang. Ini dapat dilihat dua siklus model Kemmis dan McTaggart secara simultan meningkat menjadi 56% kelulusan siswa pada siklus pertama dan 80 % pada siklus kedua..

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan multimedia, hasil belajar, peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Oct 2025 03:08
Last Modified: 13 Oct 2025 03:27
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/11023

Actions (login required)

View Item View Item