Julianita, Julianita (2023) IMPROVING THE READING COMPREHENSION OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF UPT SMA NEGERI 3 PAREPARE THROUGH PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI). Other thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
18.0213.013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses dan respon siswa terhadap penerapan problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sebelas SMA Negeri 3 Parepare pada tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuasi- eksperimen, yang menggunakan kelas yang mana terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen terdiri dari 22 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 28 siswa. Jadi, jumlah keseluruhan sampel terdiri dari 50 siswa. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada pre-test dan post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor rata-rata kelas eksperimen pada pre-test adalah 66.59 dan pada post-test adalah 75.68. Sementara itu, skor rata-rata kelas kontrol pada pre-test adalah 64.46 dan pada post-test adalah 68.04. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan pada kelas eksperimen yamg memperoleh perlakuan melalui PBI lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak memperoleh perlakuan melalui PBI. Setelah menganalisis data dengan menggunakan rumus uji-t, hasil dari nilai t-test pada post-test adalah 2.584 dan nilai t-table adalah 1.677. Ini berarti bahwa nilai t-test (2.584) lebih tinggi dari nilai t-table (1.677). Hal ini menunjukkan bawa H1 diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Intruksi berbasis masalah (PBI), Pemahaman membaca, Strategi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 09 Oct 2025 05:28
Last Modified: 09 Oct 2025 05:28
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10948

Actions (login required)

View Item View Item