Ummi Kalsum, Besse (0025) THE IMPLEMENTATION OF QUIZIZZ PAPER-MODE TO IMPROVE VOCABULARY MASTERY AT SD NEGERI 52 PINRANG. Other thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Teks)
2120203879102022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menyelidiki penerapan Quizizz Paper Mode sebagai alat pembelajaran berbasis digital yang bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas IV di SD Negeri 52 Pinrang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan pencapaian siswa dalam pembelajaran kosakata yang disebabkan oleh metode pengajaran tradisional yang monoton. Penggunaan Quizizz Paper Mode, sebuah aplikasi berbasis permainan yang diadaptasi untuk pembelajaran luring, diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta mampu menjawab tantangan di kelas dengan keterbatasan teknologi dan meningkatkan pengalaman belajar bahasa siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pra-eksperimental, khususnya model satu kelompok pre-test dan post-test. Sebanyak 25 siswa kelas IV berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti memberikan pre-test kosakata yang difokuskan pada dua aspek, yaitu makna kata (word meaning) dan penggunaan kata (word use), sebelum melaksanakan empat sesi perlakuan menggunakan Quizizz Paper Mode. Setiap sesi mencakup pengajaran kosakata, kuis interaktif menggunakan kartu Q (Q-cards), dan umpan balik waktu nyata (real-time feedback) yang difasilitasi melalui aplikasi Quizizz. Setelah perlakuan selesai, diberikan post-test untuk mengukur peningkatan. Data dari pre-test dan post-test dianalisis menggunakan kriteria klasifikasi berbasis persentase untuk mengevaluasi efektivitas perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata siswa. Pada aspek makna kata, jumlah siswa dalam kategori “Kurang” menurun dari 80% menjadi 32%, sedangkan yang masuk kategori “Sangat Baik” meningkat dari 4% menjadi 20%. Pada aspek penggunaan kata, nilai “Kurang” menurun dari 96% menjadi 12%, dan 36% siswa mencapai kategori “Sangat Baik”. Hasil ini menunjukkan bahwa Quizizz Paper Mode tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata, tetapi juga kemampuan mereka dalam menggunakannya secara kontekstual. Kesimpulannya, Quizizz Paper Mode terbukti menjadi strategi yang efektif dan menarik untuk pengajaran kosakata, khususnya di lingkungan pendidikan dengan keterbatasan teknologi. Kombinasi unsur permainan (gamifikasi), umpan balik langsung, dan aksesibilitas offline berkontribusi pada peningkatan kinerja siswa serta motivasi mereka dalam belajar kosakata bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quizizz Paper Mode, Penguasaan Kosakata, Makna Kata, Penggunaan Kata, Pembelajaran Berbasis Permainan, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | fatma fatmawati fatma |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 07:48 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 07:48 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10937 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |