Maulana, Asnur (2025) Eksplorasi Etnomatematika pada Tradisi Mappacci dalam Pernikahan Bugis sebagai Sumber Belajar. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203884202008 ASNUR MAULANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika masih terdapat peserta didik yang kurang dalam pemahaman konsep dikarenakan materi yang disediakan dalam buku kurang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Kebudayaan masyarakat setempat dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika bagi peserta didik agar pembelajaran jadi lebih bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran yang mengaitkan budaya dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aktivitas matematika dan konsep matematika yang terdapat pada tradisi Mappacci dalam pernikahan Bugis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi yang tahapannya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan metodologi kualitatif yaitu analisis domain dan analisis taksonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Mappacci mengandung konsep geometri dan bilangan. Konsep geometri terlihat dalam bentuk-bentuk alat dan simbol yang digunakan, seperti persegi panjang, segitiga, lingkaran, tabung, elips, kerucut, dan bola. Selanjutnya, konsep bilangan juga terlihat dalam penggunaan bilangan ganjil dalam prosesi Mappacci. Selain itu, penelitian ini juga meneliti makna filosofis yang terkandung dalam tradisi Mappacci, meliputi aspek pembersihan dan transformasi diri, kesatuan dan keteraturan hidup, harapan dan keberkahan, pentingnya moral dan spiritual, simbolisme bilangan ganjil, solidaritas sosial, dan kontinuitas kehidupan. Pada prosesi dan peralatan Mappacci yang dieksplorasi menunjukkan aktivitas matematika berupa menghitung, mengukur, mendesain, memainkan dan menjelaskan. Konsep matematika yang dieksplorasi pada prosesi dan alat Mappacci dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang kontekstual dan bermakna bagi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Eksplorasi, Tradisi Mappacci
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 07 Oct 2025 03:26
Last Modified: 08 Oct 2025 00:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10895

Actions (login required)

View Item View Item