Rahma, Nur (2025) Representasi Graf dalam Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Segitiga. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text (Full Text)
2020203884202003 NUR RAHMA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi segitiga dengan menggunakan representasi graf sebagaialat bantu visual. Penelitian dilakukan di MTs Negeri Parepare dengan subjek penelitian yang terdiri dari 31 siswa kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa secara mendalam. Pengumpulan data dilakukan melalui dua jenis instrumen, yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari tes dan wawancara dianalisis secara sistematis untuk mengidentifikasi pola dalam kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil analisis kemudian divisualisasikan dalam bentuk graf berarah untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai hubungan antara subjek, soal yang diselesaikan, dan indikator-indikator yang terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa bervariasi. Terdapat 8 siswa yang tergolong dalam kategori kemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis, menunjukkan pemahaman yang mendalam dan kemampuan untuk menjelaskan konsep segitiga dengan jelas, 13 siswa dalam kategori sedang menunjukkan beberapa indikator yang tidak terpenuhi, yang mengindikasikan perlunya bimbingan lebih lanjut, dan 10 siswa dalam kategori rendah mengalami kesulitan dalam memenuhi indikator, yang menunjukkan kebutuhan akan dukungan tambahan untuk memahami konsep dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mereka. Berdasarkan representasi graf dari kemampuan komunikasi matematis, menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi berhasil memenuhi semua indikator yang ditetapkan, yang tercermin dalam graf berarah yang menggambarkan hubungan antara subjek dan soal yang dikerjakan. Siswa dengan kemampuan sedang dan rendah, meskipun dapat menyelesaikan beberapa soal, tidak mampu memenuhi semua indikator, yang terlihat dari keterhubungan yang kurang dalam graf. Representasi graf ini memberikan gambaran visual yang jelas mengenai pencapaian siswa, serta membantu dalam mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | representasi, graf, komunikasi matematis, pembelajaran, segitiga. |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:46 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 00:18 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10894 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |