Kalsum, Ummi (2025) Determinasi Minat Belajar Siswa melalui Model Pembelajran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.
![]() |
Text (Full Text)
19.1600.019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukungnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan siswa kelas IX MTs DDI Ujung Lero sebagai subjek. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang di analisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Jigsaw meningkatkan minat belajar siswa melalui suasana belajar yang interaktif, tanggung jawab individu, dan kerja sama dalam kelompok. Temuan utama penelitian ini adalah adanya peningkatan keterlibatan aktif siswa, rasa percaya diri, dan motivasi yang lebih tinggi terhadap pembelajaran matematika, meskipun perbedaan kemampuan antar siswa menjadi tantangan. Penelitian ini memberikan manfaat praktis bagi pendidik dalam menciptakan pembelajaran matematika yang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jigsaw, Matematika, Minat Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Studi Kasus |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:22 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 00:19 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |