Mu`nizah., Andi Najwa (2012) Analisis Kesesuaian Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Soal dan Materi pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203884202010 ANDI NAJWA MUNIZAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kesesuaian pembelajaran matematika di sekolah dengan soal dan materi yang diujikan dalam Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Permasalahan yang diangkat adalah apakah materi yang diajarkan di sekolah sudah memadai untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dalam SNBT, yang diketahui memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Penelitian ini juga berupaya mengidentifikasi kesenjangan antara kurikulum yang diterapkan di sekolah dan kebutuhan yang diharapkan dalam SNBT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi di SMA Negeri 2 Barru. Data dikumpulkan dari siswa yang telah mengikuti SNBT dan guru matematika untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif mengenai kesesuaian materi pembelajaran. Analisis dilakukan untuk efektivitas efektivitas kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kesesuaian pembelajran matematika sekolah dengan SNBT adalah dasar dan landasan, ksrskteristik materi, soal, model dan tujuan. Selanjutnya terdapat keselarasan antara materi pembelajaran di sekolah dan soal SNBT, meskipun tingkat kesulitan soal SNBT lebih tinggi. Siswa sering mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep matematika dalam konteks yang lebih kompleks, yang menunjukkan perlunya reformasi dalam kurikulum dan metode pengajaran untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi SNBT. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah agar lebih relevan dengan persyaratan SNBT, serta mendorong strategi pengembangan pembelajaran yang lebih aktif dan aplikatif. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesesuaian, Pembelajaran Matematika, SNBT
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 07 Oct 2025 01:02
Last Modified: 08 Oct 2025 00:20
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10887

Actions (login required)

View Item View Item