Saparuddin, Saparuddin (2025) PENERAPAN STRATEGI PROBLEM-BASED LEARNING PADA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 3 BARRU. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
SAPARUDDIN-2220203886108055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan strategi Problem-Based Learning oleh guru PAI di SMK Negeri 3 Barru, (2) Bagaimana kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional peserta didik setelah mengikuti pembelajaran PAI dengan strategi PBL, dan (3) Bagaimana Penerapan strategi Problem-Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, dan MANOVA yang diolah menggunakan SPSS for Windows versi 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Problem-Based Learning diterapkan dalam tiga tahapan, yaitu sebelum, proses, dan setelah pemberian perlakuan. Tahap sebelum perlakuan melibatkan uji validitas instrumen dan pelaksanaan pre-test. Tahap proses mencakup pembelajaran berbasis konteks permasalahan keagamaan yang autentik, diskusi kelompok kolaboratif, eksplorasi sumber ajaran Islam, presentasi hasil, dan refleksi bersama, dengan guru berperan sebagai fasilitator; (2) Rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dari 53,10 menjadi 69,10, dan kecerdasan emosional meningkat dari 53,10 menjadi 67,75 setelah penerapan strategi PBL; (3) Hasil uji multivariat (MANOVA) yang menunjukkan nilai signifikansi 0.000 pada seluruh indikator uji (Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root), yang berarti terdapat Penerapan yang signifikan dari strategi Problem- Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional peserta didik di SMK Negeri 3 Barru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Berpikir Kritis, Kecerdasan Emosional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 02 Oct 2025 07:11
Last Modified: 02 Oct 2025 07:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10880

Actions (login required)

View Item View Item