Afika, Nur (2025) OPTIMALISASI POLA KOMUNIKASI GURU-SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VII MTs DDI TUPPU KAB. PINRANG. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
|
Text (Teks Lengkap)
2020203887220032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi antara guru-siswa dalam pembelajaran IPS, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi efektivitas komunikasi tersebut, serta meningkatkan pola komunikasi melalui penerapan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informasi diperoleh dari siswa, masyarakat, tokoh adat, serta guru IPS. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi guru-siswa adalah sebuah bentuk aksi atau tindakan yang terjadi antara satu atau lebih dari dua orang yang mempunyai respon timbal balik yang positif. Dalam hal ini pola komunikasi yang dimaksud meliputi: Pola komunikasi satu arah, Pola komunikasi dua arah, Pola komunikasi multi arah. Pengimplementasian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPS di MTs DDI Tuppu Kab. Pinrang yaitu melalui proses perencanaan, pelaksanaan, dan penutup. Pada proses perencanaan, guru IPS membuat RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran), lalu diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran inti, dan di evaluasi. Selain itu, optimalisasi pola komunikasi melalui pendekatan kontektstual dalam pembelajaran dikelas bertujuan untuk memperbaiki aspek-aspek poses pembelajaran yang masih kurang optimal.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Kontekstual, Pola Komunikasi. |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
| Depositing User: | Asnita Asnita |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 00:45 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 00:45 |
| URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10864 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
