Humaira, Humaira (2025) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS VII MTS AL-BADAR PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Teks Lengkap] Text (Teks Lengkap)
2020203887220025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Keberhasilan implementasi kurikulum merdeka salah satunya ditentukan oleh kompetensi pedagogik guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru IPS dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pemebelajaran kurikulum merdeka di kelas VII Al-badar Paarepare. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan yang diwawancarai kepala madrasah, guru ips, dan peserta didik serta data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan reduksi, data display, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru IPS dalam merencanakan pembelajaran telah menunjukkan kesiapan yang cukup baik dalam menyusun perencanaan pembelajaran berbasis kurikum merdeka dan menggunakan berbagai metode mengajar, meskipun awalnya mengalami kebingunan atau kendala dalam memahami pendekatan baru, guru mulai terbiasa dan mampu beradaptasi. (2) Kompetensi pedagogik guru IPS dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan metode yang dipersiapkan pada modul ajar/ Alur Tujuan Pembelajaran ATP). (3) Kompetensi pedagogik guru IPS dalam mengevaluasi pembelajaran menggunakan penilain auntentik yang mencakup pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik guru, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran IPS
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:47
Last Modified: 09 Oct 2025 00:47
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10862

Actions (login required)

View Item View Item