Susanto, Andika (2025) RELEVANSI SOSIOLOGI PROFETIK KUNTOWIJOYO DALAM KONSEP PEMBELAJARAN IPS DI PONDOK PESANTREN AL MUSTAQIM (STUDI TERHADAP PEMIKIRAN HUMANISME). Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.1700.033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Sosiologi Profetik yang dikembangkan oleh Kuntowijoyo menawarkan paradigma ilmu sosial yang berakar pada nilai-nilai kenabian: Humanisasi, Liberasi, dan Transendensi. Ketiga nilai tersebut sangat relevan dengan prinsip pendidikan di Pondok Pesantren yang tidak hanya menekankan aspek intelektual, tetapi juga pembentukan karakter dan spiritualitas. Tujuan Penelitian ini untuk: (1) Mengetahui bagaimana kondisi pembelajaran IPS di Pondok Pesantren Al-Mustaqim. (2) Mengetahui bagaimana relevansi sosiologi profetik kuntowijoyo dalam konsep pembelajaran IPS di Pondok Pesantren Al- Mustaqim. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research (Penelitian Lapangan) dan mengambil latar belakang di Pondok Pesantren Al-Mustaqim Kota Parepare. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah MTS, guru mata pelajaran IPS dan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi pembelajaran IPS di Pondok Pesantren Al-Mustaqim memiliki relevansi yang kuat dengan konsep Sosiologi Profetik Kuntowijoyo karena Pendekatan ini memungkinkan integrasi antara ilmu sosial dan nilai-nilai Islam, sehingga santri tidak hanya memahami teori sosial secara akademik tetapi juga mengaitkannya dengan prinsip-prinsip agama. 2) bahwa Sosiologi Profetik Kuntowijoyo memiliki relevansi yang kuat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Pondok Pesantren, karena mampu mengintegrasikan ilmu sosial dengan nilai-nilai Islam. Konsep Transendensi, Humanisasi, Dan Emansipasi dalam Sosiologi Profetik membantu santri tidak hanya memahami fenomena sosial secara akademik, tetapi juga membangun kesadaran moral, kepedulian sosial, serta semangat menegakkan keadilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Profetik, Kuntowijoyo, Humanisasi, Pembelajaran IPS, Pondok Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 09 Oct 2025 00:48
Last Modified: 09 Oct 2025 00:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10861

Actions (login required)

View Item View Item