RISKI AMALIA, NOVITA (2025) THE USE OF INTERACTIVE MULTIMEDIA TO IMPROVE WRITING SKILLS OF EIGHTH GRADE STUDENTS AT MTS BICCOING BONE REGENCY. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Teks] Text (Full Teks)
2320203879102002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa yang terlihat dari nilai yang masih berada di bawah Standar Kompetensi Minimal (KKM). Selain itu, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran seperti siswa merasa jenuh dengan proses pembelajaran yang monoton, karena masih menggunakan media pembelajaran tradisional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, peneliti menggunakan Multimedia interaktif yang memiliki keunggulan dalam menggabungkan unsur teks, gambar, suara, dan video, sehingga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan tidak membosankan. Sehingga tujuan penelitian ini yaitu peneliti menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTS Biccoing Bone Regency. Ada 14 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi checklist untuk mengetahui keterlibatan dan respon peserta didik, lalu tes untuk hasil kemampuan menulis siswa. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa penggunaan YouTube sebagai media interaktif pada Siklus I belum sepenuhnya berhasil meningkatkan keterlibatan, respons, dan keterampilan menulis siswa karena sifatnya yang satu arah dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Sebaliknya, pada Siklus II, kombinasi YouTube dan StoryJumper mampu meningkatkan ketiga aspek tersebut secara signifikan, karena perpaduan media ini menciptakan keseimbangan antara menerima dan menghasilkan konten, sehingga membuat siswa lebih aktif, terlibat, dan termotivasi. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia interaktif dapat digabungkan dengan media lain untuk mengoptimalkan proses pembelajaran menulis. Kemampuan multimedia interaktif dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan kreatif menjadikannya efektif dalam meningkatkan motivasi dan kemampuan menulis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interactive, Kemampuan menulis siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: fatma fatmawati fatma
Date Deposited: 15 Sep 2025 06:57
Last Modified: 15 Sep 2025 06:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item