Hanafie Das, St. Wardah and Halik, Abdul (2017) Pencapaian Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Dirah, Parepare. ISBN 978-602-60577-6-1
Preview |
Text (Full text)
BUKU LESSON STUDY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (26MB) | Preview |
Abstract
Buku ini mengupas tentang kondisi kompetensi guru khususnya pada sekolah dasar negeri di Kota Parepare, yang menjadi pemicu dan legitimasi urgensi pelaksanaan penelitian ini. Kajian yang kedua adalah bentuk-bentuk peningkatan kompetensi guru yang dilakukan beberapa instans, yaitu Kemendiknas Kota Parepare, Gugus dan KKG Kota Parepare, PGRI dan IGI Kota Parepare, USAID Kota Parepare. selanjutnya dibahas bagaimana model dan tahapan pelaksanaan lesson study yang melibatkan guru, sehingga dapat memotivasi dalam peningkatan kompetensi guru. Peningkatan kualitas guru yang terefleksikan ke dalam empat kompetensi utama yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian sejatinya dapat dikembangkan melalui lesson study. Kesadaran dan partisipasi guru terhadap program lesson study yang menjadi penentu meningkatnya kualitas seorang guru. Kualitas guru menjadi prasyarat efektivitas dan kondusifitas program pembelajaran yang menjadi indikator mutu pendidikan di sekolah. Mutu pendidikan di sekolah berimplikasi kepada kualitas luaran dalam berkompetisi pada arena kehidupannya.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi guru, lesson study, kualitas, pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Halik Abdul |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 04:17 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 04:17 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/1083 |
Actions (login required)
View Item |