Ali D, Ishaq M (2025) Peningkatan Kesadaran Ekologis Melalui Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Tapalang Barat Mamuju dalam Perspektif Pendidikan Islam. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
19.1700.061.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Peningkatan kesadaran ekologis melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Tapalang Barat dalam perspektif pendidikan Islam merupakan upaya agar peserta didik bukan hanya memperoleh pengetahuan teoretis, tetapi juga berperan aktif dalam melestarikan lingkungan secara lebih bertanggung jawab sesuai dengan perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran ekologis peserta didik SMP Negeri 2 Tapalang Barat terhadap realitas bencana alam di kabupaten Mamuju dalam perspektif pendidikan Islam dan untuk mengetahui peran pembelajaran IPS dalam meningkatkan kesadaran ekologis peserta didik SMP Negeri 2 Tapalang Barat Mamuju dalam perspektif pendidikan Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, data penelitian terdiri dari data primer yang diperoleh dari guru dan peserta didik dan data sekunder diperoleh dalam bentuk dokumen, jurnal, dan referensi yang berkaitan dengan data yang relevan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dilengkapi dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai pendidikan Islam akidah, akhlak, dan ibadah dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Tapalang Barat Mamuju berhasil meningkatkan kesadaran ekologis siswa. Peningkatan ini tercermin dalam pemahaman, sikap, dan tindakan siswa yang lebih ramah lingkungan, serta kesadaran mereka terhadap tanggung jawab sebagai khalifah fil ardh. 1) Kesadaran ekologis yang terbentuk dapat dikategorikan ke dalam dua aspek utama: kesadaran individu dan kesadaran kolektif. Kesadaran individu mencerminkan tanggung jawab pribadi sebagai khalifah untuk menjaga kebersihan, menghindari pemborosan, dan memelihara alam. Sementara itu, kesadaran kolektif menunjukkan tanggung jawab sosial dan kerja sama dalam kebaikan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan lingkungan memperkuat kesadaran ini dan menanamkan pemahaman bahwa menjaga lingkungan adalah bagian dari ibadah dan tanggung jawab sebagai khalifah fil ardh. Selain itu, 2) Tujuan pembelajaran IPS mengembangkan potensi peserta didik agar peka terhadap masalah sosial dan mampu mengembangkan diri sesuai dengan minat, bakat, serta kemampuan mereka. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam, pembelajaran IPS tidak hanya memperkaya pengetahuan siswa tetapi juga membentuk karakter yang bertanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan. Sehingga penelitian ini menawarkan pendekatan inovatif dengan menggabungkan ajaran Islam dalam pembelajaran IPS, tidak hanya untuk memperkaya pengetahuan teoritis siswa, tetapi juga untuk mendorong internalisasi nilai-nilai ekologis yang berkontribusi terhadap perubahan perilaku.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesadaran Ekologis, Pembelajaran IPS, Perspektif Pendidikan Islam. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:04 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:04 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |