YUSRI, YUSRI (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE AL-HIWAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHARAH AL-KALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 PAREPARE. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1200.049 -.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Metode al-Hiwār merupakan metode percakapan atau dialog yang diajarkan perdialog oleh guru dengan bacaan yang jelas dengan diikuti siswa secara kelompok baru dilakukan dengan meniru secara individu. Mahārah al-kalām merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran bahasa Arab yang mencakup kemampuan berbicara dan mendengarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Mahārah al-kalām, mengetahui penggunaan metode al-Hiwār terhadap peningkatan kemampuan mahārah al-kalām, dan untuk mengetahui penggunaan metode al-Hiwār efektif terhadap peningkatan kemampuan Mahārah al-kalām peserta didik kelas XI MAN 1 Parepare. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pre test dan post test. Metode yang digunakan merupakan al-Hiwār. Variabel yang digunakan berupa metode al-Hiwār. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian Pre Eksperimen Design (non design) dalam bentuk Pre-test dan Post-test. Adapun sampel penelitian sebanyak 19 peserta didik, peneliti menentukan sendiri sampel yang digunakan yang diambil secara acak atau sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : setelah dilakukan treatment kepada peserta didik dengan penggunaan metode al-Hiwār menghasilkan nilai rata-rata mencapai 94,7%. Sebelumnya pada pelaksanaan pre-test hanya mencapai nilai dibawah rata-rata 50% Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode al-Hiwār dapat meningkatkan 44% kemampuan Mahārah al-kalām pada peserta didik kelas XI MAN 1 Parepare

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode al-Hiwār, Mahārah al-Kalām
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 11 Jun 2025 00:56
Last Modified: 11 Jun 2025 00:57
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10813

Actions (login required)

View Item View Item