Khoirunnisa, Hidayah (2025) PENERAPAN METODE ISTIQRAIYYAH DALAM PEMBELAJARAN ILMU NAHWU KELAS XII MA PONDOK PESANTREN DARUL ULUM ATH-THAHIRIYAH PALADANG KAB. PINRANG. Sarjana thesis, IAIN PAREPARE.

[thumbnail of 19.1200.029.pdf] Text
19.1200.029.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan metode istiqraiyyah dalam pembelajaran ilmu nahwu di kelas XII MA Pondok Pesantren Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penerapan metode istiqraiyyah dalam pembelajaran ilmu nahwu, menguraikan proses pembelajaran ilmu nahwu melalui metode istiqraiyyah, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis data yang pola pelaksanaannya dari khusus ke umum yang penarikan kesimpulannya terkait peristiwa, kejadian yang terjadi di lokasi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode istiqraiyyah dalam pembelajaran ilmu nahwu memiliki beberapa tahap, yaitu : perencanaan, kegiatan inti dan evaluasi. Proses pembelajaran ilmu nahwu di pondok pesantren sudah terarah sehingga pembelajaran berjalan lancar sesuai dengan tahapan-tahapan diatas. Penerapan metode istiqraiyyah yang diterapkan oleh guru bahasa Arab di pondok pesantren terhadap siswa juga bertujuan agar siswa lebih aktif dan interaktif di dalam kelas. 2) Pembelajaran ilmu nahwu ini sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Arab dan juga memahami kaidah-kaidah ilmu nahwu. 3) Faktor pendukung dalam penerapan metode istiqraiyyah ini adalah adanya teks bacaan bahasa Arab yang diberikan kepada siswa untuk didiskusikan dan faktor pendukung yang lain seperti guru yang berkompeten, yaitu guru yang dapat menciptakan suasana yang kondusif dalam kelas, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kondisi siswa yang kurang mahir dalam membaca al-Qur’an, keterbatasan waktu sehingga pembelajaran kurang maksimal dan juga media pembelajaran yang kurang untuk mendukung untuk penerapan metode istiqraiyyah ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Istiqraiyyah, Pembelajaran, Ilmu Nahwu
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: kiki saleh
Date Deposited: 09 Dec 2025 06:12
Last Modified: 09 Dec 2025 06:12
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10805

Actions (login required)

View Item View Item