Farid, Salsabila Nurul (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VIII Smpn 9 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Teks Lengkap)
2020203887220038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Penerapan aplikasi Quizizz sebagai media interaktif dalam pembelajaran menawarkan sarana yang menarik bagi peserta didik dan guru dengan menyediakan berbagai pertanyaan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Aplikasi ini juga memudahkan guru dalam mengevaluasi hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat penerapan Quizizz dalam pembelajaran IPS, mengevaluasi efektivitas penggunaannya sebagai media pembelajaran interaktif, dan mengidentifikasi pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik di bidang IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan jenis metode korelasional. Penetuan sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah peserta didik 62 orang dan teknik pengukuran sampel menggunakan purvosif sampling. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas,uji realibilitas,uji normalitas,uji hipotesis,uji regresi linear sederhana, Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)tingkat penerapan aplikasi Quizizz dalam mencapai tujuan pembelajaran sebanyak 59,7% siswa lebih memilih belajar melalui Quizizz dibandingkan dengan metode tradisonal,dan 61,3% siswa lebih merasa lebih aktif dalam diskusi dalam kelas ketika menggunakan Quizizz, yang menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Quizizz dapat meningkatkan keterlibatan dan rasa percaya diri. (2)tingkat efektivitas aplikasi Quizizz dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMPN 9 Parepare terbukti hasil penelitian menunjukkan bahwa 69,4% siswa setuju dan 30,6% sangat setuju bahwa aplikasi Quizizz meningkatkan interaktivitas kelas. Hal ini menandakan bahwa aplikasi quizizz tidak hanya membantu siswa memahami materi tetapi juga miningkatkan minat belajar. (3)Pengaruh positifnya terlihat dalam perubahan minat belajar, pemahaman informasi, dan kepercayaan peserta didik, dengan hasil uji regresi linear menunjukkan thitung 3,090 > ttabel 1,671 dan signifikansi 0,003 < 0,05, yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dapat dilihat bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang telah dibuktikan berdasarkan uji data yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Quizizz, Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Asnita Asnita |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 01:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 01:09 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10798 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |