Kaming, Karisma (2025) Pengaruh Kebiasaan Membaca Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Intelektual (IQ) Peserta Didik di SMA Negeri 1 Sidrap. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1100.031.pdf] Text
19.1100.031.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pembiasaan membaca merupakan salah satu komponen pokok yang diperlukan dalam mencapai tujuan pendidikan. Membaca Al-Qur’an adalah salah satu cara untuk memelihara kemurnian Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kebiasaan membaca Al-Qur’an dan kecerdasan intelektual peserta didik SMA Negeri 1 Sidrap sekaligus untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca Al-Qur’an dan kecerdasan intelektual peserta didik SMA Negeri 1 Sidrap. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 peserta didik diambil dari 704 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yakni menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. tingkat kebiasaan membaca Al-Qur’an peserta didik SMA Negeri 1 Sidrap adalah 0,734 atau 73,4%. Artinya, kebiasaan membaca Al-Qur’an peserta didik SMA Negeri 1 Sidrap berada dalam kategori sedang. 2. Tingkat kecerdasan intelektual peserta didik SMA Negeri 1 Sidrap adalah 0,641 atau 64,1%. Dengan demikian, kecerdasan intelektual peserta didik SMA Negeri 1 Sidrap berada dalam kategori rendah. 3. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara kebiasaan membaca Al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual peserta didik di SMA Negeri 1 Sidrap

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Membaca Al-Qur’an, Kecerdasan Intelektual
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 15 Apr 2025 00:48
Last Modified: 15 Apr 2025 00:48
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10761

Actions (login required)

View Item View Item