Jusmiati., Jusmiati. (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Menghafal Bacaan Shalat 5 Waktu Peserta Didik Kelas II di UPTD SD Negeri 63 Parepare. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886208003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Strategi merupakan suatu rencana atau rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu yang termasuk juga penggunaan metode pada proses pembelajaran, ataupun metode pembelajaran yang diberikan oleh seorang guru terhadap peserta. Kesulitan menghafal adalah suatu kondisi proses menghafal yang terganggu yang ditandai dengan adanya hambatan dan kendala untuk mencapai hafalan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan menghafal bacaan shalat 5 waktu peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan menghafal bacaan shalat 5 waktu peserta didik di kelas II UPTD SD Negeri 63 Parepare. Metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data (display), dan Conclusion Drawing/ Verivication. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa penyebab kesulitan menghafal bacaan shalat peserta didik ada dua faktor. Pertama, faktor internal yang mencakup perbedaan tkemampuan membaca tulisan bahasa Arab, serta kurangnya motivasi dan minat peserta didik. Kedua, faktor eksternal yang meliputi faktor lingkungan keluarga dan pengaruh gadget. Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan menghafal bacaan shalat 5 waktu peserta didik yaitu dengan menggunakan strategi tutor sebaya dengan penggunaan media audio visual.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Menghafal, Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Apr 2025 06:50
Last Modified: 10 Apr 2025 06:50
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item View Item