Fatimah, Sitti (2025) Penggunaan Media Baamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik PAI Kelas III UPT SD Negeri 229 Pinrang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
2020203886208025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Media baamboozle merupakan media permainan edugames yang mirip dengan kompetisi kuis, namun dijalankan secara online dan peserta didik tidak perlu membuat akun. Belajar dengan menggunakan penelitian ini bertujuan untuk melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Media baamboozle dapat memberikan motivasi pada peserta didik karena peserta didik sendiri yang mengalami dan memecahkan suatu masalah secara Bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan desain penelitian eksperimen dalam bentuk One-Group Prestest-Posttest Design dan instrument pengumpulan data digunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis datanya mengunakan analisis data deskriptif dan statistik inferensial Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media baamboozle signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik PAI kelas III UPT SD Negeri 229 Pinrang. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji Paired sample t-test, besarnya Lower dan Upper yang bernilai negatif. Dimana Lower sebesar - 12.451dan Upper sebesar -7.149. Sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05, sehingga Ha diterima yang berarti penggunaan media bamboozle signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar PAI peserta didik kelas III UPT SD Negeri 229 Pinrang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Baamboozle, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Apr 2025 05:31
Last Modified: 10 Apr 2025 05:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10750

Actions (login required)

View Item View Item