Hikmah, Nur (2025) Efektivitas Penerapan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas XI MA DDI Kanang. Sarjana thesis, IAIN Parepare.
![]() |
Text (Full Text)
18.1100.086 NUR HIKMAH.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) |
Abstract
Metode pembelajaran jigsaw adalah suatu pendekatan di mana setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab untuk menguasai bagian tertentu dari materi pembelajaran dan kemudian mengajarkannya kepada anggota kelompok lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan hasil analisis motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode jigsaw pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas XI IPS1 dengan 26 peserta didik yang aktif melakukan pembelajaran di kelas dengan nilai rata-rata 64,46%. Setelah melakukan metode jigsaw diketahui nilai rata-rata 104,96 melalui analisis hasil posttest menggunakan angket motivasi belajar peserta didik. Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah menggunakan metode jigsaw pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di kelas XI IPS 1 dilihat dari hasil uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,000 yang dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata jawaban angket motivasi belajar pretest dan posttest. Adapun nilai-nilai rata-rata pretest-posttest motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata pretest 64,46 dan nilai rata-rata posttest 104,96 sehingga dapat dikatakan bahwa metode jigsaw pada mata pelajaran Al-qur’an hadits di kelas XI IPS 1 dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Jigsaw, Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Quasi eksperimen. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 07:04 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 03:50 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/10703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |